PERBEDAAN HACKER DAN CRACKER

Pernah dengar istilah hacker ? Cracker ? Wahh mungkin istilah-istilah berikut bisa dibilang keren dan bahkan menakutkan yah hehehe. 

Mungkin banyak dari para pembaca yang masih bingung Apa sih hacker ? bukannya orang yang merugikan orang lain itu ya yang sukanya ngehack-ngehack hahahha. Loh kok ada lagi istilah cracker terus apa dong cracker ?

Nah, begini memang kebanyakan dari masyarakat atau orang-orang yang belum mengerti arti dari hacker dan cracker sendiri pasti kadang sering salah mengartikan dan seringkali menyamakan hacker itu cracker. Karena jarang yang mengetahui istilah cracker itu sendiri.

Dulu ane juga kurang mengerti ternyata hacker dan cracker itu berbeda dan ya anda bisa menyimpulkannya sendiri. Disini saya hanya sharing tentang apa yang saya baca dari beberapa sumber dan merangkumnya seringkas mungkin yang penting-penting saja bagi para pembaca.

Image result for hacker

Semoga bermanfaat. Berikut adalah pengertian dan perbedaan Hacker dan Cracker.

Hacker adalah orang atau sekelompok orang yang bekerja untuk mencari suatu kelemahan sistem di dalam komputer, dan kemudian memberikan gagasan baru agar sistem yang berhasil dibobol tersebut akan aman dari setiap gangguan di luar. Atau juga bisa diartikan sebagai seseorang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu sistem komputer atau jaringan komputer, sehingga ahli dalam bidang penguasaan sistem komputer atau jaringan komputer. 


Cracker adalah orang yang melakukan pekerjaan untuk mencari kelemahan sebuah sistem dalam jaringan internet, yang kemudian ia gunakan untuk kepentingannya sendiri dengan mencuri data, menghapus data, atau bahkan merusak data yang merugikan orang lain.


Hasil gambar untuk cracker hacker

Perbedaan Hacker dan Cracker

Beberapa perbedaan hacker dan cracker dapat juga diketahui dari kegiatan yang dilakukannya, seperti: 

Hacker
  1. Hacker dalam menganalisa kelemahan suatu sistem tanpa merusak aslinya dikarenakan hanya mencari kelemahan atau celah keamanan. 
  2. Hacker memiliki etika serta mengetahui dan menyadari seluruh akibat dari apa yang dilakukannya, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
  3. Hacker tidak segan-segan untuk berbagi ilmu kepada orang lain yang serius untuk ilmu pengetahuan dan kebaikan.
  4. Hacker memiliki komunitas yang jelas dan terbuka untuk memperdalam ilmu dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi bagi sesama hacker.
Cracker 
  1. Cracker dalam menganalisa kelemahan bersifat merusak atau mengacak-acak karena hanya untuk keuntungan atau kepentingan sendiri yang bisa merugikan pihak lain. 
  2. Cracker bersifat tersembunyi dengan menggunakan IP address yang sulit dilacak.
  3. Cracker memiliki komunitas bersifat tertutup dan tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.

Jadi kesimpulannya jangan samakan hacker dengan cracker begitu juga sebaliknya ya. Kadang orang salah mengartikan wahh hacker tuh jahat sering merugikan orang lain. Sekarang sudah tau kan apa itu hacker dan apa itu cracker jadi bisa menyimpulkan sendiri-sendiri dan jangan sampai salah mengartikan lagi ya :D 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERBEDAAN HACKER DAN CRACKER"

Posting Komentar