KEPANJANGAN RAM, FUNGSI RAM, DAN PERBEDAAN DDR - DDR 4 PADA RAM

Salam sejahtera untuk para pembaca, Nah kali ini saya akan membagikan artikel yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber tentang apa sih RAM ? Fungsi RAM? Dan perbedaan DDR - DDR4.

Hasil gambar untuk bongkar pc animasi

Mungkin agan-agan juga banyak yang sudah mengerti dan pasti ada juga yang masih penasaran kan ? 

Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih baik kita mengerti dulu apa sih RAM itu ? Nah langsung saja check this out. :D

RAM (Random access memoryRAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

Fungsi RAM adalah untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data sementara.

Ada 2 tipe RAM yang dikenal secara umum, RAM Statis (SRAM), dan RAM Dinamis (DRAM). Pada SRAM, sedikit data disimpan dengan metode yang dikenal dengan metode memory cell 6 transistor. RAM tipe ini akan lebih mahal untuk di produksi, namun secara umum lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit daya daripada DRAM, dan, di komputer-komputer modern, sering digunakan sebagai memory cache pada CPU. DRAM menyimpan sedikit data menggunakan transistor dan kapasitor (sepasang), yang di mana bersama-sama meliputi sebuah memory cell DRAM. Kapasitornya menahan beban/daya tinggi atau rendah (1,0, masing-masing ), dan transistornya berperan sebagai saklar yang memberikan kontrol sirkuit pada chip untuk membaca status daya dari kapasitor atau menggantinya. Di karena kan jenis memory ini yang relatif lebih murah untuk diproduksi daripada SRAM, maka DRAM adalah wujud dari RAM yang lebih sering digunakan pada komputer-komputer modern.

RAM sendiri sudah mencapai DDR4 untuk saat ini
Inilah Perbedaan RAM menurut kecepatannya :

1.DDR
(Double Data Rate) RAM ini adalah generasi 1 yang memiliki frekuensi transfer antara 200 MHz sampai 400 MHz, DDR RAM ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya DDR-200 yang memiliki memory clock 100 MHz, DDR-266 yang memiliki memory clock 133 MHz, DDR-333 dengan memory clock 166 MHz, serta DDR-400 dengan memory clock 200 MHz, dengan voltase 2,5/2,6 V.

2. DDR2
DDR2 RAM yang memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-677, DDR2-800, dan DDR2-1066, dengan frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1966 MHz. yang memerlukan voltase 1,8 V.

3. DDR3
DDR3, Perbedaan DDR3 dengan DDR2 terletak pada frekuensi transfernya yang lebih tinggi yang mencapai 2133 MHz, sedang DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz, dilihat dari segi memory clocknya tidak jauh berbeda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz, dengan voltase yang hanya 1,5 V.

4. DDR4 
DDR4 dimulai dari 2133Mhz. Kecepatan tersebut adalah batas tertinggi dari DDR3.
DDR4 mungkin diteruskan sampai 3200Mhz. Chip DDR4 memiliki kerapatan lebih besar, mencapai 16Gb atau 2Gb perchip. 2 kali lebih banyak kapasitas RAM dibanding DDR3.
Kedepan, DDR4 RAM dapat dimulai dari memory 16GB permodule, dan terbesar dapat mencapai 64GB untuk kelas server computer atau kelas performa PC.


Setiap RAM pasti memiliki Kekurangan dan Kelebihan so ? sesuaikan dengan kebutuhan saja ya :D Kalo mau lebih ya jelas harus modal yang lebih juga :D





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEPANJANGAN RAM, FUNGSI RAM, DAN PERBEDAAN DDR - DDR 4 PADA RAM"

Posting Komentar