MENGATASI LAYAR MONITOR TIDAK MAU TAMPIL

Pernahkan sobat blogger mengalami monitor yang tidak mau tampil padahal CPU dalam keadaan menyala, mungkin beberapa atau umumnya bagi para orang-orang yang sering bergelut dengan komputer pasti akan sering mengalami hal semacam ini, wajar saja karna ada hal yang harus dilakukan dan ada beberapa penyebab mengapa layar monitor tidak mau tampil.

Image result for layar monitor tidak tampil


Nah disini saya akan sedikit sharing tentang pengalaman dan ilmu yang pernah saya pelajari ketika terjadi hal semacam ini.

Berikut adalah penyebab dan cara mengatasinya :

  • Pastikan kabel listrik dari CPU atau power supply ke monitor telah terpasang dengan baik. Tanda bahwa arus telah diterima monitor adalah lampu monitor telah menyala.
  • Pastikan kabel penghubung CPU ke monitor, baik kabel HDMI, DVI atau kabel VGA standar telah terhubung dengan baik dan tidak ada pin yang patah, bengkok ataupun kotor.
  • Penyebab monitor tidak tampil lainnya adalah karena RAM kotor atau rusak. Untuk memastikannya maka kita harus melepas RAM lalu membersihkannya dan memastikan tidak ada bagian yang rusak. (Bersihkan menggunakan kuas/penghapus pensil juga bisa).
  • Dan jika monitor masih tidak mau menyala, selanjutnya cek arus yang dihasilkan power supply apakah masih sebesar 5 Volt dan 12 Volt. Power Supply yang kualitas tegangannya telah menurun juga bisa menjadi penyebab monitor tidak mau tampil.
  • Jika anda memakai VGA tambahan/eksternal, maka lepaslah dan coba pasangkan dikomputer lain untuk mengecek ataukan VGA tersebut normal atau tidak.
  • Faktor lain dari penyebab monitor tidak mau tampil antara lain pada pemasangan komponen yang tidak sempurna, maka kita harus cek lebih dahulu apakah ada komponen yang belum terpasang atau salah.
Semoga berhasil, sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGATASI LAYAR MONITOR TIDAK MAU TAMPIL"

Posting Komentar